Mengatasi Layar Monitor PC tidak Penuh

Kasus: Mas pingi baru saja beli monitor 22 inch setelah sebelumnya memakai 19 inch. permasalahannya adalah monitor lawas muncul bercak putih/seperti jamur/buram putih di pinggir lama kelamaan membesar, ini disebut oleh semua teknisi komputer led nya yang rusak dan jika led nya diganti maka seperti beli baru, maka solusinya tukar tambah atau beli baru. tukar tambahpun cuman dihargai 25k

 ketika sudah dapat lcd monitor baru 22 inch merk LG, muncul masalah layar display tidak penuh, jadi pinggir kanan sebelah atas dan bawah tidak terlihat.

solusinya adalah: 

1. pastikan bahwa display settingnya sudah recommend dari windows/paling besar, ini biasanya windows akan secara otomatis men-sett dengan sendirinya. waktu awal menyalakan komputer dengan monitor baru akan error terlebih dahulu sembari di monitor muncul tulisan rekomendasi resolusi yang pas untuk monitor, untuk kasus mas pingi menggunakan windows 10 dan itu akan secara otomatis mencari resolusi display yang pas/recommended. maka restart saja!


 

2. jika cara pertama sudah fix tapi masih error tampilan belum full 100% tinggal buka settingan di bagian refresh rate. caranya seperti berikut ini:

1. tekan pada keyboard logo windows. lalu ketikkan dan search kata kunci "graphics and media". klik aplikasi tersebut.
2. klik advance mode.
3. cari menu refresh rate. lalu ganti dengan refresh rate yang ada, untuk kasus maspingi mengganti refresh rate dari 60p hz menjadi 75p hz.



selesai. Alhamdulillah.


0 Response to "Mengatasi Layar Monitor PC tidak Penuh"

Posting Komentar