Kontrol Glaukoma

25/07/2023

Hasil TBM (Tekanan Bola Mata)

Kanan: 14

Kiri: 16

Konsulasi:

- untuk case mas pingi disebut suspect/terduga. suspect itu bisa berarti positif glaukoma bisa hanya hypertensi okular. penentuannya berdasarkan evaluasi yang panjang, bisa lebih dari 1 tahun atau lebih dari 2 x oct. jadi belum diketahui apakah normal tension ataukah hypertension. sementara berdasarkan periksa bulan sebelumnya 7 juni 2023 disebut glaukoma primer sudut terbuka. diagnosa glaukomanya belum tegak. kalaupun nanti vonis glaukoma tercabut atau tidak perlu menggunakan obat penurun tbm semacam timol maka tetap wajib kontrol (tapi kalau statement ini sepertinya bertentangan dengan diagnosa bulan sebelumnya 7 juni 2023 dimana mas pingi dites pakai air 900 ml diminum sekali waktu dan dicek secara berkala setip 15 menit, hasilnya di menit ke 20 ada lonjakan tbm dari 13 menjadi 23, disebut oleh dokter mas pingi sudah harus pakai obat penurun tbm).

- boleh mengangkat berat hanya saja sewajarnya saja, seperti mengangkat galon atau gas, sesekali gak papa. tapi kalau sampai nge-gym angkat berat itu reaksi dokter sepertinya tidak membolehkan, bukan melarang tapi lebih baik jangan dilakukan.

- boleh cabut gigi

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

 -----

0 Response to "Kontrol Glaukoma"

Posting Komentar